PREDIKSI 1
1.
Bacalah paragraf berikut.
Meski kaya manfaat,
mengosumsi cokelat belum menjadi budaya masyarakat Indonesia. Cokelat masih
dianggap makanan mewah yang hanya dikonsumsi oleh sebagaian kecil masyarakat
saja. Padahal, Indonesia penghasil
kakao terbesar ketiga dunia setelah Ghana dan Pantai Gading. Konsumsi cokelat
Indonesia baru 0,2 kilogram per kapita. Angka ini masih kalah dengan Malaysia
yang mencapai 0,6 kilogram per kapita.
|
Gagasan
utama paragraf tersebut adalah ... .
A.
Indonesia penghasil cokelat tetapi mengosumsinya belum membudaya
B.
cokelat oleh sebagian masyarakat masih dianggap
makanan mewah
C.
Indonesia menghasil kakao terbesar ketiga di dunia
D.
cokelat mempunyai banyak khasiat
2.
Bacalah paragraf berikut.
Komik lama bisa mengingatkan orang pada masa anak-anak
dulu. Ketika belum ada game di
komputer, televisi, hiburan mereka hanya membaca buku. Sementara kalender
lama akan mengingatkan orang akan kejadian. Kalender lama juga sebagai
pengingat tanggal, hari pasaran jawa, bulan, dan tahun sebuah kejadian yang
menurut orang bernilai.
|
Simpulan isi paragraf tersebut adalah
...
A.
Barang-barang lama akan mengingatkan seseorang kepada
sesuatu
B.
Buku dan komik lama lebih bernilai daripada buku dan
komik baru.
C.
Kejadian-kejadian penting akan terlihat pada kalender
lama
D.
Masa anak-anak masa yang menyenangkan.
Bacalah
kutipan biografi berikut, kemudian kerjakan soal nomor 3 dan 4.
Habiburrahman
El Shirazy merupakan sosok fenomenal dalam dunia sastra negeri ini. Beberapa
karyanya, antara lain Ayat-ayat Cinta
dan Ketika Cinta Bertasbih,
berhasil mendapat sambutan luar biasa dari pembaca novel tanah air. Bahkan
karya-karyanya telah dibuat dalam bentuk film dan sinetron.
Menurut
Kang Abik, demikian panggilan akrab para penggemar kepadanya, ia dapat membuat
beberapa novel dalam satu waktu. Ibarat makan, katanya, bosan jika harus
makan satu menu terus dalam beberapa hari. Strategi selang-seling dalam
menulis novel Islaminya ia jalani untuk menghindari kejenuhan.
Pria
kelahiran Semarang, 30 September 1976 ini, mengaku tidak kesulitan membuat
novel dalam waktu bersamaan karena ia menulis sesuatu yang diketahui dan
dekat dengan kehidupan.
Sejak
sekolah, ia telah banyak membaca dan menulis. Bahkan ia sering mendapat
penghargaan atas tulisan ilmiah kala itu. Saat kuliah S2 harus terus
berlanjut, beasiswa yang diberikan sudah dihentikan. Ia memutar otak
bagaimana cara mendapatkan uang. Pertama, ia menerjemahkan tulisan ilmiah dan
non-ilmiah dari bahasa Arab ke Inggris. Pekerjaan dilakukan rutin dan tekun
serta disiplin waktu.
|
3.
Keistimewaan
tokoh dalam biografi tersebut adalah ...
A.
Karya-karyanya sudah banyak dibuat dalam bentuk film.
B.
Beliau sudah gemar membaca dan menulis sejak muda.
C.
Beliau dapat menulis beberapa novel dalam satu waktu
D.
Dapat menerjemahkan buku dari bahasa Arab dan Inggris.
4.
Sifat
baik yang dapat diteledani dari tokoh dalam biografi tersebut adalah ...
A.
banyak membuat novel yang bernuansa agama
B.
mendapat beasiswa ketika melanjutkan ke jenjang S2
C.
sejak sekolah sudah sering mendapat penghargaan
D.
semua pekerjaannya dilakukan dengan disiplin dan tekun
5.
Bacalah artikel berikut.
Saat ini, hampir semua bisa disampaikan lewat bunga.
Dari momen bayi lahir, ulang tahun, lulus sekolah, pesta pernikahan, sampai
saat meninggal dunia. Ibaratnya, dari manusia lahir sampai meninggal selalu
ditemani bunga. Tidak bisa dimungkiri bunga bisa menjadi bahasa yang sangat
universal. Bunga bisa menjadi pengganti diri buat mereka yang sibuk dan tidak
bisa hadir di setiap acara yang penting.
|
Tujuan penulisan artikel tersebut
adalah ...
A. setiap manusia
agar mempelajari bahasa bunga
B.
untuk menyampaikan macam-macam bunga di dunia
C.
menyampaikan fungsi bunga dalam kehidupan manusia
D.
memberitahukan bahwa bunga dapat mewakili seseorang
6.
Bacalah dua kutipan artikel
berikut.
Artikel 1
|
Artikrl 2
|
Indonesia punya menu ayam goreng yang rasanya sangat
lezat. Yaitu, ayam goreng Kalasan. Ayam goreng Kalasan ini rasanya sangat
gurih. Ada bumbu kriuk yang selalu setia menemani ayam goreng kampung ini.
Salah satu perbedaan yang paling penting ayam goreng Kalasan menggunakan ayam
kampung. Ayam Kalasan ini dimasak dengan aneka rempah khas Indonesia. Pasti
lebih sehat karena tanpa penyedap rasa yang berlebihan.
|
Rendang adalah masakan tradisional bersantan dengan
daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakaan khas dari Sumatera Barat ini
sangat digemari semua kalangan. Tidak saja masyarakat Indonesia bahkan luar
negeri pun menggemarinya. Selain daging sapi, rendang juga menggunakan
kelapa. Rendang menggunakan bumbu khas Indonesia. Bumbu tersebut yaitu cabai,
lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lainnya.
|
Persamaan ide kedua artikel tersebut
adalah ...
A. Masakan
ndonesia yang digemari masyarakat luar
negeri
B.
Masakan yang tidak menggunakan penyedap rasa.
C.
Makanan-makanan khas Indonesia
D.
Wisata kuliner Indonesia
7.
Bacalah kutipan teks berita
berikut.
Valentino Rossi sadar tidak mungkin mengulangi prestasi
Casey Stoner yang pernah meraih kemenangan di Motorland Aragon, Spanyol,
musim lalu. Stoner membawa Ducati berjaya pada balapan di Moto GP Aragon
2010. Pembalap asal Italia yang kini menggantikan posisi Stoner itu
diharapkan bisa kembali membawa harum nama Ducati di Aragon.
|
Isi kutipan berita tersebut adalah ...
A.
Casey Stoner mengharumkan nama Ducati di Aragon,
Spanyol.
B.
Valentino menyadari ketidakmampuannya mengungguli
Casey Stoner.
C.
Casey Stoner meraih kemanangan Moto GP 2010 di
Motorland Aragon, Spanyol
D.
Valentino Rossi menggantikan posisi Casey Stoner di
Motorland Aragon, Spanyol.
8.
Bacalah kedua kutipan berita
berikut.
Berita 1
|
Berita 2
|
Dari Hong Kong terus ke Jakarta. Tak sampai satu hari
singgah di Jakarta, ia langsung terbang ke Melbourne, Australia. Akhir-akhir
ini, Ardina Rasti, memang supersibuk. Saking sibuknya, dalam satu hari, ia
harus berpindah dari satu negara ke negara lain.
|
Pedangdut asal Tegal, Arie Baedowi, berdangdut sampai
Eropa. Ia mempromosikan musik dangdut itu di Belgia. Tapi, saat di Eropa itu, ia tidak murni berkarier
sebagai penyanyi, melainkan bekerja di bidang perhotelan.
|
Perbedaan isi kedua kutipan berita
tersebut adalah ...
Pilihan
|
Berita 1
|
Berita 2
|
A
|
kesibukan seseorang
|
memperkenalkan
dangdut ke Eropa
|
B
|
wisata
ke luar negeri setiap hari
|
menyanyi
sebagai kerja sampingan
|
C
|
perpindah-pindah
tempat tinggal
|
penyanyi
asal Tegal bernyanyi di Eropa
|
D
|
kesibukan
seseorang
|
pekerja
hotel yang hobi menyanyi
|
9.
Perhatikan iklan berikut.
AKADEMI
PARIWISATA
PATRIA INDONESIA
AKREDITASI B OLEH (BAN) PT(1)
MENERIMA MAHASISWA BARU/PINDAHAN
TAHUN AKADEMIK 2011/2012(2)
PROGRAM FAVORIT D3 & D1
JURUSAN PERHOTELAN(3)
BIAYA
KULIAH HANYA Rp 600.000 an/Bulan
Biaya
sudah termasuk: uang gedung, sks, praktek, ujian & seragam(4)
Training
di dalam dan luar negeri yang menyenangkan(5)
|
Kalimat yang berisi fakta pada iklan
tersebut ditandai dengan nomor ...
A.
(1) C.
(4)
B.
(3) D.
(5)
10.
Perhatikan iklan berikut.
ANJUNGAN
KORAN MANDIRI(1)
Koran Pertama yang Mengaplikasikan
Mesin Otomatis Penjualan Koran(2)
LOKASI ANJUNGAN KORAN
MANDIRI (AKM)(4):
Bandara (10 unit), Bintaro Plaza, DPR, FE UI Depok (2
unit), ITB Bandung, Jakarta Teater, La Codefin Kemang, RS Harapan Kita, RSIA
Bunda Menteng, RS PGI Cikini, RSAL Mintoharjo, RS Pelni, RS Husada, RS Hasan
Sadikin Bandung, RSPAD Gatot Subroto (2 unit), RS Pusat Pertamina (2 unit). (5)
|
Penjelasan kalimat (2) yang tepat adalah ...
A.
Koran yang dijual dengan pembayarannya melalui ATM
B.
Koran yang pertama menerapkan penjualannya dengan
mesin.
C.
Mengiklankan koran dengan mesinnya untuk meningkatkan
penjualan.
D.
Koran yang pertama menggunakan mesin otomatis dalam
pencetakannya.
11.
Bacalah kutipan ensiklopedi
berikut.
Pengaruh Hindu-Budha paling nyata di Nusantara adalah
diperkanalkan sistem kerajaan. Sebelumnya, kedudukan pemimpin di Nusantara
adalah orang yang dituakan oleh
sesamanya. Berdasarkan sistem kerajaan di India, kedudukan pemimpin di
masyarakat menjadi bersifat mutlak dan turun temurun. Ini sesuai dengan hak
waris (atau dinasti) yang sesuai dengan peraturan kasta. (Sumber: Ensiklopedia Sejarah dan Budaya, Nino
Oktorino, dkk)
|
Isi bacaan tersebut adalah ...
A.
Agama Hindu dan Budha yang ada di Indonesia berasal
dari India.
B.
Raja-raja di Nusantara berasal dari keturunan
raja-raja di India.
C.
Sistem kerajaan di Indonesia merupakan pengaruh dari
India.
D.
Raja-raja di Nusantara menganut system kasta.
12.
Perhatikan kutipan buku
telepon berikut.
Gama
Design
Email: gama-design@cbn.net.id
Jl Pluit Raya Slt
Ruko Grand Pluit Mall BI A/13 ......
661-3759
Gatra
Komputer
Jl Pisangan Baru 36 ..................... 851-1301
Kreasi
Nusantara PT
Jl Cibubur VIII 8
............................. 918-1986
Mitra
Sumber Bernet PT
Email: info@mitra-adc.com
Jl P Jayakarta 73
Ruko Ibis BI E-2/12 .........................
639-9630
|
Andi mengirim surat melalui info@mitra-adc.com
tetapi sudah empat hari belum juga ada jawaban. Padahal komputernya akan
dipakai dua hari lagi. Segera dia menghubunginya melalui telepon.
Nomor yang
dihubungi Andi sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah … .
A.
639-9630 C. 693-9630
B.
639-9603 D. 639-9683
13.
Perhatikan indeks buku berikut.
Afdeling
35, 48
Artefak
56
Bek
Lihun 125, 126, 127
Bustaman,
Raden Saleh Sjarif 97
Cikandi/Ciliwung 6, 7
Cornelis
Meester 31, 70, 117
Daendels
23, 30, 31, 36, 40, 82, 114
Eigen hulp 38
Frederik
citadel 40, 41
Gunseikan
(kep. tentara) 50
Jayawikarta
12
|
Topik yang
dikemukakan pada dua halamaman , yaitu … .
A.
Frederik citadel, Jayawikarta, Cikande C. Afdeling, Ciliwung, Frederik citadel
B.
Cornelis Meester, Bustaman, Afdeling D. Gunseikan, Daendels, Artefak
14.
Perhatikan denah kegiatan
berikut.
Denah Persami SMP Abdi Negara 1 Kaligonda

Letak P3K
adalah … .
A.
sebelah timur laut jembatan, dan sebelah selatan dapur
umum
B.
sebelah utara
Regu 1, dan sebelah timur dapur umum
C.
sebelah utara Regu 3, sebelah barat daya tenda panitia
D.
sebelah selatan sungai, sebelah barat laut Regu 2
15.
Perhatikan denah berikut.

Salah seorang
karyawan Aldamart keracunan makanan kadaluarsa. Dia segera dilarikan ke rumah
sakit.
Perjalanan
yang paling efektif ke rumah sakit adalah … .
A.
Jalan Panda, lewat Jalan Tapir, Jalan Raya Fauna
B.
Jalan Gajah, Jalan Singa, menyeberang ke Jalan Raya
Fauna
C.
Jalan Gajah, Jalan Jerapah, menyeberangi Jalan Raya
Fauna
D.
Jalan Panda, Jalan Gajah, menyeberang ke Jalan Raya
fauna
16.
Perhatikan grafik berikut.
Volume Konsumsi BBM
Bersubsidi (juta kiloliter)

Sumber:
Koran Jakarta, 26 Agustus 2011
Penjelasan yang tepat sesuai dengan
isi grafik tersebut adalah ...
A.
Konsumsi BBM Bersubsidi pada tahun 2009 lebih banyak
dibandingkan tahun 2008.
B.
Volume BBM Bersubsidi pada tahun 2008 jumlah hamper
sama dengan tahun 2010.
C.
Kenaikan yang sangat signifikan volume BBM Bersubsidi terjadi pada tahun 2011.
D.
Volume BBM Bersubsidi sejak tahun 2008 hingga tahun
2011 terus meningkat.
17.
Perhatikan tabel berikut.
Pertumbuhan
Kendaraan Bermotor di Indonesia
Tahun
|
Jumlah
mobil (unit)
|
Jumlah
motor (unit)
|
Kredit
pemilikan kendaraan bermotor di BPR (miliar rupaih)
|
2008
|
603.774
|
6.264.265
|
615
|
2009
|
486.088
|
5.884.021
|
880
|
2010
|
764.710
|
7.395.390
|
1.072
|
2011*
|
417.687
|
4.056.075
|
1.192
|
*Hingga bulan Juni
Sumber: Koran Jakarta, 8
Agustus 2011
Simpulan isi tabel tersebut adalah ...
A.
Kepemilikan mobil dan motor sejak tahun 2008 hingga
2011 tidak tetap hal ini berbeda dengan kepemilikan kendaraan bermotor melalui
kredit terus mengalami peningkatan.
B.
Jumlah pemilik mobil sejak tahun 2008 hingga 2011
terus menurun lain lagi dengan pemilik motor yang terus meningkat dan pucaknya
terjadi pada tahun 2010.
C.
Kepemilikan kendaraan melalui kredit BPR terus
meningkat, sedangkan jumlah pemiliki
motor dan mobil dari tahun ke tahun menurun.
D.
Selama empat tahun terakhir pemilik kendaraan baik mobil maupun motor
melalui kredit BPR terus mengalami peningkatan.
Bacalah
puisi berikut, kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19.
Kutahu
Semua
percaya adanya Tuhan
Tapi
berapakah yang yakin Tuhan berkuasa
Ku
berhasil karena usahaku yang keras
Ku
berhasil karena teman
Kuberhasil
karena keluargaku yang hebat
Lalu
di manakah tangan Tuhan
Yakinkah
itu.
|
18.
Tema
puisi tersebut adalah ...
A. keyakinan C.
kekecewaan
B. kepasrahan D.
keberhasilan
19.
Larik
bermajas pada puisi tersebut adalah ...
A. Semua percaya
adanya Tuhan C. Ku
berhasil karena teman
B. Ku berhasil
karena usahaku yang keras D. Lalu di
manakah tangan Tuhan
20.
Bacalah kedua puisi berikut.
Puisi 1
|
Puisi 2
|
Jangan kau sakiti ibumu
Buatlah dia nyaman
Lega bernapas
Sejuk memandang
Kau akan sukses
Ketika kau bisa menyukseskan ibumu
|
Patri silaturahmi
Seperti jaring laba-laba
Satu menguatkan yang lain
Panjangkan umur
Perbanyak rezeki
Sehatkan kita
|
Perbedaan pesan kedua puisi tersebut
adalah ...
Pilihan
|
Puisi 1
|
Puisi 2
|
A
|
jangan
menyakiti ibu
|
manfaat
silaturahmi
|
B
|
berbuat
baiklah kepada ibu
|
bersilaturahmilah
|
C
|
raihlah kesuksesan
|
cari
makna silaturahmi
|
D
|
selalu
menenangkan ibu
|
Perkuatlah
silaturahmi
|
Bacalah
kutipan cerpen berikut, kemudian kerjakan soal nomor 21 s.d 23.
(1)Sebenarnya,
gedung bioskop itu berada persis di depan los kontrakan kami. Tapi sedikit
pun kami tak berani meliriknya. Sebab menonton bioskop merupakan salah satu
larangan paling keras Pak Mustar.
(2)“Sangat
berbahaya .... Sangat berbahaya dan menjatuhkan martabatmu, anak-anak Melayu
bangsa pujangga, jika menonton film yang dengan melihat nama pemainnya saja
kita sudah dapat menduga ceritanya.
(3)“Film tak pakai otak!
Akting tak tahu malu! Tak ada mutunya sama sekali. Lihatlah posternya itu!
Aurat diumbar ke mana-mana. Film seperti itu akan merusak jiwamu.
(4)“Pakai waktumu untuk
belajar! Awas! Sampai tertangkap tangan kau nonton di situ, rasakan
akibatnya.
(5)Maka tak ada siswa SMA
Negeri Bukan Main yang berani dekat-dekat bioskop itu. Membicarakannya pun sungkan.
Tapi sore ini berbeda. Aku, Jimbron, dan Arai baru pulang sekolah dan duduk
santai di beranda los kontrakan kami waktu melihat para petugas bioskop
mengurai gulungan terpal besar berukuran 4 x 3 meter, sebuah poster film
baru.
|
21.
Latar
cerpen tersebut adalah ...
A. di sebuah
kontrakan pada sore hari
B. di gedung
bioskop pada malam hari
C. di depan
gedung bioskop pada malam hari
D. di sekolah SMA
Bukan Main pada siang hari
22.
Bukti
tokoh Pak Mustar
berwatak disiplin waktu terdapat pada bagian ...
A. (1) C.
(3)
B. (2) D.
(4)
23.
Pengarang
menggambar watak tokohnya dengan cara ...
A. percakapan
tokoh-tokoh lain C.
reaksi tokoh terhadap keadaan
B. pembicaraan
tokoh lain D.
diterangkan langsung oleh pengarang
24.
Bacalah kutipan cerita anak
berikut.
Pulang
kerja, Papa mengumpulkan kami di ruang tengah. Ruang kecil yang biasanya
hangat, malam ini terasa menegangkan. Papa menarik nafas dan memandang kami
satu persatu. Dari raut wajahnya, kulihat ada gurat kesedihan. Aku jadi
resah.
“Mulai
minggu depan, Papa berhenti kerja,”kata Papa pelan, tetapi
membuat kami semua termangu.”Penjualan perusahaan terus menurun. Manajemen
memutuskan memberhentikan separuh karyawan. Papa salah satunya.”
|
Amanat cerita tersebut ...
A. sampaikan
keadaan perusahaan kepada keluarga
B. anak-anak
harus mengetahui persoalan keluarga
C. setiap ada persoalan
selalu dimusyawarahkan
D. tegarlah dalam
menghadapi permasalahan
25.
Bacalah kutipan cerita berikut.
Hatinya
marah benar kepada anak yang meletakkan setabung penuh air dingin dekat
kakinya supaya tersinggung dan tumpah menyiram dia. Jahat sungguh perbuatan
anak itu.
Durahman
turun; berlari ke sungai mencari kawan-kawannya.”Munap, engkau tahu siapa
yang meletakkan tabung air di kakiku?” tanya Durahman.
“Mengapa?
Basah engkau?” tanya si Munap sambil melihat pakaian Durahman yang kuyup
itu,”ha,ha,ha bulus pendekar!
|
Konflik dalam cerita tersebut adalah
...
A. Kemarahan
Durahman kepada orang yang meletakkan air dekat kakinya.
B. Pakaian
Durahman basah kuyup tersiram air dalam tabung.
C. Durahman
berlari-lari ke sungai mencari teman-temannya.
D. Ejekan Munap
kepada Durahman yang basah kuyup.
26.
Bacalah kutipan novel berikut.
Sesungguhnya ketika
itu adalah kelihatan seorang perempuan muda yang indah parasnya duduk di
bawah sebatang pohon ara, seakan-akan bermenung rupanya.
Kata putri Ambun
Suri,”Hai, Dayang-dayang, jangan kalian banyak sebut; itulah putri Kemala
Sari, dengan dialah kita akan berjalan.”
Sesaat antaranya
sampailah mereka itu ke dekat putri yang menanti itu. Ambun Suri bersalaman
dengan dia, sedang dayang-dayangnya menyembah takzim. Mereka itu pun duduk
bersama-sama dan makan sirih sekapur seorang, akan obat haus kelaparan.
Setelah berkatalah putri Kemala Sari, ujarnya,”Wahai, putri Ambun Suri,
dengarlah pantun dengan ibarat: Mengapa matahari tak kunjung petang, mengapa
kita berjanji, Adik tak kunjung datang?”
|
Kebiasaan, adat, atau etika tertentu
pada kutipan novel tersebut adalah ...
A. Makan sirih
saat bertemu sebagai lambang penerimaan.
B. Seorang putri
raja yang selalu dikawal para dayang.
C. Berkata dengan
menggunakan perumpamaan
D. Menunggu
seseorang di bawah pohon ara.
27.
Bacalah dua kutipan novel
berikut.
Novel 1
|
Novel 2
|
“Sejak kapan
kau di sini?”
“Hampir
sepuluh tahun.”
“Berapa
umurmu sekarang?”
“Enam belas.”
Aku terdiam.
Berarti sejak berumur enam tahun ia dijual. Aku tak bisa berkomentar apa-apa.
Bernakku tak merasa cukup untuk membayangkan penderitaannya. Ia seumur
denganku, tetapi sudah mengalami kekejian bertahun-tahun.
Dan aku?
Usiaku tujuh belas. Namun semua kunikmati di dalam balaiurung kabupaten.
Pekerjaan terberat untukku hanyalah membatik.
|
Robert membaca tulisan itu berulang-ulang, bagaikan
tidak percaya akan kebenarannya. Huruf itu memang huruf ayahnya, kata itu
ialah katanya. Tapi mungkinkah itu semua? Robert sebenarnya bukan anaknya?
Maka berkatalah ia seolah-oleh pada dirinya sendiri, “Mana boleh bukan
anaknya! Ah, mungkin ayah saya sedang sakit pikiran, ia tak tahu apa yang
dituliskannya. Meskipun bagaimana, aku hendak mempertahankan hakku sebagai
anaknya”
|
Perbedaan karakteristik kedua kutipan
novel tersebut adalah ...
Pilihan
|
Novel 1
|
Novel 2
|
A
|
sudut
pandang orang pertama
|
sudut
pandang orang ketiga
|
B
|
menggunakan
bahasa Melayu lama
|
menggunakan
bahasa Indonesia
|
C
|
bertema
penderitaan
|
bertema
keharmonisan
|
D
|
berlatar
sebuah bangunan tua
|
berlatar
ruang kelauraga
|
Bacalah
kutipan naskah drama berikut, kemudian kerjakan soal nomor 28 dan 29.
Dari sebelah kiri masuk seorang laki-laki. Orang-orang dalam babak ini
berbicara seperti ketakutan, tidak lepas suaranya.
ISHAK
: Tepat betul datangnya. Pukul sepuluh. Hari Selasa.
SATILAWATI : (terkejut) Aku kira engkau tidak akan
datang.
ISHAK
: Asmadiputera dan Kartili mana?
SATILAWATI :
Segera menyusul. Apa yang akan kau katakan kepadaku?
ISHAK
: Banyak sekali. Tapi yang terpenting ialah: aku cinta padamu.
SATILAWATI :
Kalau itu tidak perlu di sini benar. Mari kita ke rumah.
ISHAK
: Aku akan pergi.
SATILAWATI :
Pergi? Ke mana?
ISHAK
: Jauh, jauh sekali. Di rumahmu aku tidak dapat bercakap.
SATILAWATI :
Mengapa?
ISHAK
: Tidak boleh orang mendengarnya, ayah pun tidak.
SATILAWATI : Tapi ayah selalu baik kepada kita. Lagi
ia tidak ada di rumah sekarang. Pergi menjemput nenek ke setasiun.
ISHAK : Yang baik sekarang ini hanya
Asmadiputera, Kartili dan engkau, Satilawati.
SATILAWATI :
Aku seperti main dalam cerita detektif saja rasanya.
ISHAK :
Tidak banyak bedanya, Satilawati. Aku harus berbicara dengan tunanganku dalam
gelap, di jalan yang sunyi. Ha, ha, ha, ha
SATILAWATI :
Tapi pa yang hendak kaukatakan?
ISHAK
: Engkau pelupa rupanya. Sebentar ini baru kukatakan. Aku cinta padamu
dan aku akan pergi.
|
28.
Suasana
dalam drama tersebut ...
A. sendu C.
lengang
B. syahdu D.
romantis
29.
Latar
dalam kutipan drama tersebut adalah ...
A. di setasiun
sore hari C. pukul
sepuluh di suatu tempat
B. di rumah pada
suatu malam D. di
sebuah jalan pada malam hari
30.
Ilustrasi: Santiana
mendapat tugas mengibarkan bendera. Awalnya berjalan lancar, tetapi ketika dia
mundur sambil menarik bendera, bendera yang merah sobek dan dia pun hampir
jatuh. Dia malu sekaligus takut.
Kalimat catatan buku harian yang
sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Kami menjadi petugas pengibar bendera. Ketika kami
akan mengibarkan bendera bendera bagian merahnya sobek. Kami malu sekali. Tapi
kami cepat-cepat ganti dengan bendera yang lainnya.
B.
Aku bertugas mengibarkan bendera. Aku dibagian penarik
tambang sedangkan Santiana di bagian pembentang bendera. Ketikan Santiana akan
mundur dan membentangkannya, bendera bagian merah robek.
C.
Aku bertugas mengibarkan bendera pada bagian menarik
dan membentangkan bendera. Awalnya penaikan bendera berjalan lancar. Tetapi
ketika akan kutarik bendera bagian merah sobek. Aku hampir terjatuh. Aku malu
bercampur takut.
D.
Upacara bendera hari Senin itu berjalan lancer. Aku
dan teman-teman sekelasku mendapat giliran menjadi petugas. Aku kebagian
sebagai pengibar bendera dan awalnya aku tidak malu. Tetapi ketika bendera yang
kubawa ternyata sobek aku jadi malu.
31.
Ilustrasi:
Pak Darmawan bermaksud memberikan santunan kepada
Panti Asuhan Darul Aitam di kapungnya. Dia menyurati adik-adiknya yang berada
di luar kota untuk membantu kegiatannya.
Isi surat pribadi yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Bagaimana kabarnya Dinda, semoga Dinda dan keluarga
dalam keadaan sehat. Kanda pun di Boyolali
dalam keadaan sehat. Bagaimana ananda Santi jadi kuliah di mana? Kalau
boleh ngasih saran sih mendingan Santi kuliah di Jakarta saja.
B.
Dinda, kanda
punya maksud, mudah-mudahan maksud kanda ini berkenan juga untuk Dinda.
Di kompleks kanda ada panti asuhan gimana kalau setiap bulannya Dinda sisihkan
rezeki untuk diberikan kepada mereka.
C.
Anaknya baik-baik kok. Kalau saran Kakanda sih
mendingan Dinda mengadopsi salah satu dari mereka anggap saja kita membantu
mereka. Lagian panti asuhan tersebut administrasi bagus.
D.
Mudah-mudah maksud kanda ini berkenanjuga di keluarga
Dinda. Ingat yang dikatakan orang tua kita dulu. Bahwa rezeki yang kita peroleh
2,5% milik orang lain dan itu harus kita keluarkan.
32.
Perhatikan kutipan surat dinas
berikut.
Sebenarnya kami sangat
berharap dapat ikut kegiatan yang diselenggarakan OSIS SMP
Cokroaminoto Cianjur. Tetapi dalam waktu yang bersamaan kami pun sedang
persiapan Pensi dalam rangka HUT sekolah kami. Kami yakin tanpa kehadiran
kami pun kegiatan tersebut akan sukses.
Demikian surat balasan dari
kami. [ … ]. Mudah-mudahan di lain waktu kami dapat berpartisipasi.
OSIS SMP
PASUNDAN CIAJNUR
Sekretaris, Ketua,
Salmah
Eko Arwana
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
(penutup) surat tersebut adalah …
A. Kami
mengucapkan terima kasih atas perhatian Saudara.
B. Kami akan
mengakhiri surat ini dengan ucapan terima kasih.
C. Inilah yang
dapat kami sampaikan terima kasih atas perhatiannya.
D. Atas segala
perhatiannya kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih.
33.
Perhatikan kalimat-kalimat
laporan berikut.
(1) Sekilas rangkaian acara
upacara bendera tersebut memang tidak ada bedanya dengan di tanah air.
(2) Kendati dilkukan pada musim
panas, tidak menyurutkan niat mereka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia.
(3) Lagu Indonesia Raya berkumandang di halaman KBRI Roma, Italia.
(4) Lebih dari 100 warga Indonesia
memadati lapangan depan KBRI.
(5) Namun, momen ini sangat
ditunggu oleh masyarakat Indonesia yang bermukim di Italia.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi
sebuah laparan yang baik dengan susunan ...
A. (4), (1), (2),
(5), (3) C.
(3), (1), (5),
(4), (2)
B. (3), (4), (1),
(2), (5) D.
(1), (3), (4), (5), (2)
34.
Petunjuk
Membuat Sayur Asem Thailand
(1) Tambahkan gula dan garam
secukupnya.
(2) Kemudian semuanya dimasukkan
dalam panci tunggu sekitar 5 menit.
(3) Haluskan/ulek cabai merah,
bawang merah & bawang putih.
(4) Sayur siap disajikan.
(5) Semua bumbu dan air serta
bahan-bahan dicampur jadi satu.
Urutan yang tepat adalah ...
A. (1), (3), (5),
(4), (2) C.
(3), (1), (2), (4), (5)
B. (2), (4), (5),
(3), (1) D. (3), (5), (1), (2), (4)
35.
Petunjuk membuat Dadar Gulung Spesial
(1) Kocok telur
dan susu cair sampai rata.
(2) [ … ]
(3) Tambahkan
bumbu-bumbu yang lain aduk rata.
(4) Panaskan pan
dadar kecil bergaris tengah 15 cm, beri margarine.
(5) [ … ]
(6) Balik lalu
gulung. Sajikan dengan sambal kecap.
Petunjuk yang tepat untuk mengisi
bagian yang rumpang adalah ...
A. (2) Iris
kecil-kecil wortel, buncis dan kornet
(5) Taburi
dadar tersebut dengan margarine di atasnya.
B. (2) Siapkan
bahan-bahan lainnya wortel, buncis, dan kornet.
(5) Tumpangkan
adonan telur di atas margarine.
C. (2) Tambahkan
wortel, buncis dan kornet, aduk rata.
(5) Tuangkan
50 ml adonan telur, masak hingga matang.
D. (2) Tambahkan
wortel, buncis dan kornet, aduk rata.
(5) Taburi
dadar tersebut dengan margarine di atasnya.
36.
Ilustrasi: Pembina ekstrakurikuler bidang PMR membuka akan
membuka pendaftaran bagi anggota baru bagi kelas VII.
Isi pengumuman yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah ...
A. Siswa kelas
VII yang akan mengikuti PMR segera mendaftarkan diri ke bagian OSIS
B. Anggota PMR
kelas VII yang akan mengikuti latihan PMR segera mendaftarkan diri.
C. PMR membuka
pendaftaran kelas VII yang berminat segera mendaftarakan diri.
D. Kelas VII yang
akan berminta menjadi anggota PMR segera mendaftarkan diri.
37.
Perhatikan kutipan wawancara
berikut.
(1) Andi Manto : “Sejak kapan
Bapak menjadi petugas Perpustakaan Keliling?”
(2) Pak Steven : “Sejak tahun
2000?”
(3) Andi Manto : “Bagaimana minat
baca anak-anak sekolah saat ini?”
(4) Pak Steven : “Sangat memprihatinkan,
dan membaca belum menjadi budaya bagi anak-anak kita saat ini.”
|
Kalimat tak langsung yang tepat dari dialog (4) adalah ...
A.
Menurutnya minat baca
anak-anak sekolah saat ini sangat memprihatinkan dan belum menjadi
budaya.
B.
Katanya sangat memprihatinkan dan belum menjadi budaya
untuk anak-anak sekolah zaman sekarang
C.
Pak Steven mengatakan membaca sangat memprihatinkan
dan membaca belum menjadi budaya.
D.
Mereka mengatakan bahwa minat baca anak-anak sekolah
sekarang sangat memprihatinkan.
38.
Ilustrasi: OSIS SMP Nasional
Padang akan membentuk panitia perpisahan kelas IX. Ketua OSIS segera meminta
sekertarisnya untuk membuat surat undangan.
Isi pesan singkat sesuai ilustrasi
tersebut adalah ...
A.
Segera bentuk panitia perpisahan kelas IX, baik dari
pengurus OSIS maupun dari ketua-ketua kelas.
B.
Undang seluruh pengurus OSIS dan ketua-ketua kelas
untuk pembentukan panitia perpisahan kelas IX.
C.
Acara perpisahan kelas IX sudah dekat seluruh panitia
harap diundang secepatnya termasuk ketua kelas.
D.
Saudara sekertaris segera undang seluruh panitia
perpisahan kelas IX termasuk ketua-ketua kelas
39.
Bacalah bacaan berikut.
Balai
Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta telah berupaya untuk
melestarikan vanda tricolor. Usaha
itu antara lain melalui pembentukan unit pelaksana budidaya kelompok tani konservatif.
Kelompok ini sudah berjalan 3,5 tahun. Tetapi sampai saat ini belum
menunjukkan perkembangan memuaskan.
Jenis
anggrek (vanda tricolor) yang termasuk langka ini, sekarang hampir punah. BKSDA menawarkan kepada semua pihak yang
ingin menanam dan membudidayakan anggrek khas lereng Merapi ini. Pihak BKSDA
akan memberikan bibit anggrek kepada siapa pun yang berniat membudidayakannya.
Selain itu, pihak BKSDA juga siap memberikan pengetahuan tentang cara
membudidayakan anggrek ini.
|
Rangkuman bacaan tersebut adalah ...
A.
BKSDA melakukan berbagai upaya untuk melestarikan
anggrek jenis vanda tricolor dengan cara memberikan bibit dan penyuluhan.
B.
Berbagai upaya
dilakukan untuk melestarikan anggrek vanda
tricolor karena anggrek jenis ini termasuk
langka dan hamper punah.
C.
Berbagai pihak sudah berupaya untuk melestarikan
anggrek jenis vanda tricolor ini, di antaranya melalui pemberian bibit kepada
masyarakat.
D.
Anggrek yang hidup di lereng Gunung Merapi ini sudah
dibudidayakan oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta melalui
penyuluhan.
40.
Perhatikan gambar berikut.

Teks berita yang sesuai dengan gambar
tersebut adalah ...
A.
Kesemrawutan lalu lintas di kota-kota besar semakin
parah. Hal ini tidak semata-mata peraturan atau jalan yang kurang lebar.
Kesadaran masyarakat pun penyebab utama kesemrawutan lalu lintas.
B.
Satu keluarga yang terdiri atas ayah, ibu, dan dua
orang anaknya mengalami kecelakaan. Kecelakaan itu terjadi karena mereka
mengendarai motor di jalur cepat. Padahal jalur cepat diperuntukan untuk mobil.
C.
Berkendaraan melebihi kapasitasnya sangat berbahaya.
Selain membahayakan si pengendara itu sendiri juga membahayakan orang lain.
Kecelakaan lalu lintas banyak terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat.
D.
Jalan raya sering digunakan untuk ajang kebut-kebutan.
Terutama kendaraan beroda dua alias motor. Mereka berkenderaan tanpa
menggunakan alat pengaman kepala, helem. Hal seperti ini akan membahayakan diri
sendiri.
41.
Ilustrasi: Seseorang membakar sampah dekat alang-alang yang sudah
kering. Entah dia mau ke mana bakaran sampah itu dia tinggalkan begitu saja.
Akhirnya terjadi kebakaran. Kebakaran itu tidak sempat menyambar ke rumah
warga.
Teks berita yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Pada musim kemarau yang panjang ini banyak pepohonan
yang kering. Begitu pun rerumputan dan alang-alang. Kebakaran alang-alang telah
terjadi di RT 007/09 Marunda. Kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.
Tetapi kebakaran tersebut membuat panik warga yang rumahnya dekat alang-alang
tersebut. Kebakaran itu bermula dari seseorang yang membakar sampah dan
ditinggal.
B.
Kebakaran sampah dan alang-alang telah terjadi di ibu
kota. Kebakaran tersebut diakibatkan kemarau yang panjang. Sehingga banyak
pohon dan alang-alang yang kering. Tentu hal ini mudah untuk terbakar. Apalagi
jika ada orang dengan sengaja membakar sampah dan dibiarkan begitu saja
sehingga api merembet ke tempat lain yang ada di sekelilingnya.
C.
Beberap ambulan telah didatangkan untuk memadamkan
kobaran api yang menghanguskan beberap rumah yang terletak di pinggir tumpukan
sampah. Kebakaran ini diperparah lagi dengan musim kemarau yang panjang sehingga rumput dan alang-alang di
sekitarnya ikut terbakar. Kejadian ini sontak saja membuat warga menjadi panic.
Apalagi saat itu angin kencang kea rah rumah warga.
D.
Seseorang tertangkap warga karena telah sengaja
membakar alang-alang yang berada di tengah pemukiman. Kebakaran itu tentu saja
membuat warga menjadi panik. Walaupun kebakaran itu tidak menimbulkan korban
jiwa tetapi asap yang ditimbulkannya sangat hitam pekat. Kotoran dan abu yang
diterbangkan asap tersebut membuat rumah warga menjadi kotor.
42.
Ilustrasi: Ketua RW 005
Kelurahan Marunda mengajak warga untuk menanam pohon walaupun hanya sebatang di
pekarangan rumahnya.
Slogan yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Rumah tanpa pohon, iiiiiiiih gersang ah.
B.
Tanam pohon hari ini besok udara bersih
C.
Hijau pekarangannya damailah penghuninya
D.
Tanam satu pohon di mana saja untuk kita semua
43.
Data barang yang akan dijual:
No
|
Nama
|
Uraian
|
1
|
Jenis
|
Motor
|
2
|
Merk
|
Honda
|
3
|
Spesifikasi
|
Warna
hitam, STNK panjang, orang pertama, tahun 2009
|
4
|
Harga
|
9
juta-an bisa ditawar
|
5
|
Identitas
Pemilik
|
Sartubi,
Rorotan IX/1 – Cilincing - 44851246
|
Iklan baris yang tepat sesuai
ilustrasi tersebut adalah ...
A. DIJUAL mtr Honda, STNK panjang, 9 jt, Sartubi
44851246
B. MOTOR dijual, htm, STNK lama, tgn pertama, 9 jt
tahun 2009,
Rorotan IX/1 Cilincing
C. DIJUAL mtr Honda, th 2009, tgn pertama, htm,
STNK lama, 9
jt nego, Hub. 44851246
D. SARTUBI jual mtr Honda, hitam, STNK baru, tahun
Muda 2009,
tangan pertama, 9 jutaan, ditawar
Hub. Rorotan
IX/1 Cilincing
44.
Perhatikan data buku berikut.
No
|
Data
|
Uraian
|
1
|
Judul
|
Alam
Semesta Yang Menakjubkan
|
2
|
Penulis
|
Firman
Sujadi
|
3
|
Penerbit
|
Bee
Media Indonesia
|
4
|
Tahun
|
2009
|
5
|
Kota
|
Jakarta
|
6
|
Kelemahan
|
Tulisannya
terlalu kecil
|
7
|
Keunggulan
|
Gambar-gambarnya
menarik dan uraian mudah dipahami
|
Paragraf resensi yang sesuai dengan
data tersebut adalah ...
A.
Buku yang disusun oleh Firman Sujadi ini mengupas
masalah alam semesta. Buku ini diterbitkan Bee
Media Indonesia, tahun 2009. Alam semesta khususnya angkasa raya dijelaskan
pada buku tersebut dengan uraian-uraian yang sederhana. Gambar-gambar dalam
buku tersebut samar karena tulisannya kecil-kecil.
B.
Buku yang menyingkap angkasa raya ini ditulis oleh
Firman Sujadi. Buku yang diterbitkan oleh Bee
Media Indonesia ini mulai diedarkan di Jakarta tahun 2009. Alam semesta
yang maha luas ini dilukiskan dengan gambar yang menarik. Uraiannya pun sangat
mudah dipahami. Hanya sayang tulisannya terlalu kecil sehingga merepotkan
pembaca.
C.
Buku ini mengungkapkan rahasia alam semesta. Buku yang diterbitkan oleh Bee Media Indonesia Jakarta tahun 2009
tidak menyertakan gambar di dalamnya. Walaupun uraian sangat sederhana sehingga
mudah dipahami tetapi kurang menarik. Hal ini diperparah lagi dengan tulisannya
yang terlalu kecil.
D.
Jarang dijumpai buku yang mengungkapkan ruang angkasa
semendetail ini. Gambarnya berwarna seolah-olah pembaca diajak melihat yang
aslinya. Uraiannya pun tidak terlalu sulit dipahami. Buku yang diterbitkan Bee Media Indonesia ini sudah habis
terjula sejak tahun 2009. Memang buku ini tidak cacatnya.
45.
Candi ini beridiri di Lereng barat gunung Lawu, pada
ketinggian 910 meter di atas permukaan Laut.
Perbaikan penggunaan huruf kapital
pada kalimat tersebut adalah ...
A.
Candi ini beridiri di lereng Barat Gunung lawu, pada
ketinggian 910 meter di atas permukaan laut.
B.
Candi ini beridiri di lereng barat Gunung Lawu, pada
ketinggian 910 meter di atas permukaan laut.
C.
Candi ini beridiri di lereng Barat Gunung Lawu, pada
ketinggian 910 meter di atas permukaan Laut.
D.
Candi ini beridiri di lereng barat gunung lawu, pada
ketinggian 910 meter di atas permukaan laut.
46.
Hah Paman. Aku tak bawa uang sebanyak itu Kita ke ATM saja kata Husin
Penggunaan tanda baca pada kalimat
tersebut yang tepat adalah ...
A. “Hah
Paman.” “Aku tak bawa uang sebanyak
itu.” “Kita ke ATM saja kata Husin”
B. Hah, Paman.
“Aku tak bawa uang sebanyak itu,” Kita
ke ATM saja kata Husin.
C. Hah, Paman. Aku tak bawa uang sebanyak itu Kita ke ATM saja, “kata Husin.”
D. “Hah, Paman.
Aku tak bawa uang sebanyak itu. Kita ke ATM saja,” kata Husin.
47.
Rambut yang merupakan mahkota bagi wanita hendaknya
harus dijaga setiap helainya.
Perbaikan kalimat tersebut yang tepat
adalah ...
A. Rambut merupakan mahkota hendaknya harus dijaga setiap helainya.
B. Rambut
merupakan mahkota wanita yang harus dijaga setiap helainya.
C. Rambut merupakan mahkota wanita hendaknya harus dijaga setiap
helainya.
D. Rambut yang
merupakan mahkota wanita hendaknya harus
dijaga setiap helainya.
48.
Bacalah kutipan teks pidato
berikut.
Anak-anakku yang berbahagia,
Saudara semua adalah calon pemimpin bangsa di masa
yang akan datang. Baik buruknya bangsa ini di masa yang akan datang, dapat
dilihat dari baik-buruknya Saudara saat ini. Oleh karena itu Saudara-saudara
harus sadar betul nasib bangsa ini ada pada usaha dan kegigihan saudara saat ini. Bapak dan ibu kalian akan
tenang jika kamu menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh.
|
Perbaikan terhadap sapaan pada kutipan
teks pidato tersebut yang tepat adalah ...
A. Anak-anakku
yang berbahagia,
Kalian semua
adalah calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Baik buruknya bangsa ini
di masa yang akan datang, dapat dilihat dari baik-buruknya kalian saat ini. Oleh
karena itu kalian harus sadar betul nasib bangsa ini ada pada usaha dan
kegigihan kalian saat ini. Saudara
kalian akan tenang jika kamu menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh.
B. Hadirin yang
berbahagia,
Saudara semua
adalah calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Baik buruknya bangsa ini
di masa yang akan datang, dapat dilihat dari baik-buruknya Saudara saat ini.
Oleh karena itu Saudara-saudara harus sadar betul nasib bangsa ini ada pada
usaha dan kegigihan saudara saat ini.
Bapak dan ibu kalian akan tenang jika kalian menunjukkan usaha yang
sungguh-sungguh.
C. Anak-anakku
yang berbahagia,
Kalian semua
adalah calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Baik buruknya bangsa ini
di masa yang akan datang, dapat dilihat dari baik-buruknya kalian saat ini.
Oleh karena itu kalian harus sadar betul nasib bangsa ini ada pada usaha dan
kegigihan kalian saat ini. Kami akan
tenang jika kalian menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh.
D. Bapak- ibu
yang berbahagia,
Saudara semua
adalah calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Baik buruknya bangsa ini
di masa yang akan datang, dapat dilihat dari baik-buruknya Saudara saat ini.
Oleh karena itu Saudara-saudara harus sadar betul nasib bangsa ini ada pada
usaha dan kegigihan saudara saat ini. Kami
akan tenang jika kalian menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh.
49.
Ilustrasi: MTs Guppi Purbasari mengadakan peringatan Hari R.A.
Kartini. Kegitan tersebut selain upacara juga diadakan lomba-lomba yang
berhubungan dengan wanita. Misalnya menjahit, berbusana, merias wajah, memasak,
dll.
Paragraf pembuka pidato sesuai dengan
kegiatan tersebut adalah ...
A.
Perjuangan Beliau mengangkat harkat dan martabat kaum
wanita Indonesia patut dikenang sepanjang hayat. Kita tidak bisa membayangkan
seperti apa jadinya jika wanita-wanita Indonesia hanya berada di barisan
belakang. Kini wanita Indonesia mampu menyejajarkan dirinya dengan kaum pria.
Bahkan dalam hal tertentu mereka bisa melebihinya. Tentunya dengan segala
kemampuna dan talenta yang dimilikinya.
B.
Saat itu wanita Indonesia hanya sebagai perlengkapan
perhiasan kaum pria. Beliau sangat prihatin dengan keadaan tersebut. Beliau
curahkan segala kegalauan hatinya melalui surat-suratnya yang dikirim kepada
teman-temannya di luar negeri. Beliau berjuang agar harkat dan martabat kaum
wanita dapat sejajar dengan kaum pria. Perjuangan beliau tidak sia-sia kini
kaum wanita Indonesia sudah menikmatinya.
C.
Setiap tanggal 21 April bangsa Indonesia memperingati
lahirnya R.A. Kartini. Beliau adalah tokoh emansipasi wanita di Indonesia.
Berkat perjuangan beliau yang gigih dan tak kenal menyerah bahkan sampai akhir
hayatnya. Maka kita sebagai bangsa yang besar
akan selalu mengenang dan meneruskan perjuangan para pahlawannya. Oleh karena
itulah setiapa tanggal 21 April kita peringati sebagai Hari Kartini.
D.
Inilah makna di balik peringatan Hari Kartini. Bukan
sekadar seremonial, lomba-lomba atau pertandingan-pertandingan saja. Kita harus
dapat merenungi dan bertekad dalam hati untuk meneruskan perjuangan Beliau.
Karena apa yang telah Beliau rintis saat itu merupakan perjuangan besar bagi
bangsa ini. Semoga peringatan ini akan lebih membangkitkan kembali semangat
kaum wanita di Insonesia.
50.
Ilustrasi: Sampah berserakan di mana-mana.
Tempat sampah nyaris tidak ada. Kusen dan kaca jendela kusam seperti rumah tua
tanpa penghuni.
Kalimat surat pembaca yang sesuai
dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Kami sangat
khawatir melihat kondisi sekolah kami. Kami belajar tidak tenang. Kami takut
sewaktu-waktu bangunan ini menimpa kami. Tolong Pak perbaiki sekolah kami.
B. Bagaimana kami
tidak sedih melihat sampah memenuhi kelas kami. Kami belajar menjadi tidak
nyaman. Padahal tong sampah hanya berjarak beberapa meter saja.
C.
Teman-teman siapa lagi yang akan menjaga kebersihan
sekolah kita kalau bukan kita. Buanglah sampah pada tempatnya. Kami pun kepada
Bapak Kepala Sekolah untuk menambah tong-tong sampah lagi.
D.
Sampah ini sudah menjadi musuh kita bersama. Tetapi
musuh yang paling nyata adalah diri kita sendiri. Kita belum juga sadar untuk
membuang sampah pada tempatnya. Kemalasan kita telah menjadikan lingkungan kita
kumuh dan kotor.
51.
Tema: Peranan upacara pengibaran bendera dalam meningkatkan
disiplin siswa.
Rumusan masalah karya ilmiah sesuai
tema tersebut adalah ...
A. Bagaimana upacara bendera bagi siswa yang disiplin?
B. Bagaimana peran
siswa dalam upacara pengibaran bendera?
C. Bagaimana
peranan upacara bendera dalam meningkatkan disiplin siswa?
D. Bagaimana
disiplin siswa dalam peranannya pada
upacara pengibaran bendera
52.
Bacalah simpulan karya ilmiah berikut.
Masa remaja masa di
mana anak manusia mulai mencari identitas diri. Pencarian identitas dilakukan
dengan berbagai cara. Cara yang paling populer adalah dengan mengidolakan
seorang tokoh. Tokoh yang diidolakan perkataannya, perbuatannya, dan pola
pikirnya akan ikut memberi warna pada
remaja tersebut.
Para remaja akan
berkata, berbuat, dan berpola pikir seperti tokoh yang diidolakannya. Peranan
tokoh idola sangat penting dalam kehidupan masa remaja. Keluarga dan
anggota-anggotanya sebagai idola remaja sangat penting perananya.
|
Kalimat saran yang sesuai dengan
simpulan karya ilmiah tersebut adalah ...
A. Remaja
sebaiknya jangan sering keluar rumah.
B. Carikan tokoh
idola yang baik untuk para remaja.
C. Keluarga
hendakanya memenuhi segala kebutuhan anak remaja.
D. Keluarga
hendaknya membimbing anak remajanya dalam mencari tokoh idola.
53.
Perhatikan pantun berikut.
(1)
Di Madura lihat karapan
(2)
[ … ]
(3)
[ … ]
(4)Tua
sengsara tiada guna
|
Larik yang tepat untuk melengkapi
pantun tersebut adalah ...
A. (2) Karapan
sapi diadu lari
(3) Waktu
dibuang-buang
B. (2) Di Sumbawa
ada kuda
(3) Kuda
benggala dari India
C. (2) Mampir
sejenak di Surabaya
(3) Masa muda
disia-siakan
D. (2) Adu domba
di Cianjur
(3) Masa muda
sudah terlanjur
54.
Perhatikan puisi berikut.
Kemarau
menjulurkan lidahnya
[
… ](1) bercabang-cabang
Menjilati
bumi, terbelah
Menjilati
alang-alang, meranggas
Menjilati
ranting, kering
Menjilati
sawah, petani [ … ](2)
Kemarau
memutar lidah
Porak-porandakan
semua
|
Kata yang tepat untuk melengkapi puisi
tersebut adalah ...
A. (1) lurus, (2)
susah
B. (1) luas, (2)
menangis
C. (1) panas, (2)
sengsara
D. (1) panjang,
(2) merintih
55.
Ilustrasi: Aku berhenti 5
meter di belakang lampu merah. Pedagang asongan berbaur dengan gelandangan.
Seorang anak kecil sekitar 5 tahunan muncul di sela-sela spion mobil. Badan dan
bajunya dekil. Tapi wajahnya cantik, dan kulitnya pun putih. Aku curiga benarkah
ini gelandangan.
Puisi yang sesuai dengan ilustrasi
tersebut adalah ...
A. Kulihat gadis
kecil dekil
Tersembul
diantara rerimbunan taman
Berbaju dekil
berbedan kerdil
Badan tak
terurus
Aku pilu melihatnya
Dan aku curiga
padanya
B. Merah menyala
di jalan
Pedagang
gelandang bersenyawa
dengan debu
jalanan
Tersembul
gadis kecil berbaju dekil
Tapi wajah
manis kulit putih
Benarkah
gelandangan begitu adanya
C. Wajah dekil
nasib kerdil
Bergelimpangan
diantara roda dan asap
Berbaur dengan
peluh
Kau bak
kerakap tumbuh
di jalan
menengadah
setiap mobil datang
menyodorkan
nasib
menawarkan iba
D. Ibamu ibaku
jua
Dekilmu bukan
dekilku
Nasibmu
menghidupkanku
Merah tanda
kehidupan bagimu
Tuk memetik
rezeki dari tangan yang tak
mau keluar
56.
Perhatikan kalimat-kalimat
berikut.
(1) Kuangkat
wajahku menatap sosok di depanku.
(2) Tangan kirinya
mengenakan gelang merah menyala dari manik-manik.
(3) Kulangkahkan
kaki ke ruang kelas dengan tergesa.
(4) Ternyata Nita,
si rambut cepak.
(5) Tap! Hampir saja
aku menabrak seseorang.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi
cerita yang baik dengan urutan ...
A. (3), (1), (2),
(5), (4)
B. (3), (5), (1),
(4), (2)
C. (4), (2), (3),
(5), (1)
D. (4), (1), (2),
(3), (5)
57.
Perhatikan cacatan buku harian
berikut.
Aku tak menyangka sedikit pun kalau namaku
terpampang di papan pengumuman. Padahal dua menit yang lalu Raynaldi temanku
mengajakku pulang karena sudah tidak berharapan. Ternyata Tuhan berkehendak
lain. Aku bersyukur dan berterima kasih pada-Nya.
|
Cerita yang sesuai dengan cacatan buku
harian tersebut adalah ...
A.
Suasana rame, wajah-wajah tegang berkeliaran. Waktu
pengumuman selangkah-selangkah mendekati akhirnya.
“Yan, udah pulang yuk! Kayaknya nggak ada
harapan,” kata Raynaldi kepadaku.
“Sebentar Ray, kita tunggu sebentar lagi,”
kataku sambil mendekati papan pengumuman. Aku lihat seorang panitia membawa
kertas di tangan kanannya. Wajah-wajah tegang semakin merangsek. Sesaat
kemudian suasana pecah ada yang histeris kegirangan dan ada juga yang histeris
menangis kesedihan. Sekilas dari jarak kurang lebih 2 meter namaku tertulis
diurutan ke-15. Mulany aku tidak percaya ternyata ya.
“Makasih Tuhan,” gumamku dalam hati.
B.
Aku terus bertahan di tempat itu. Suasana semakin
ramai dan gaduh. Aku semakin penasaran. Sebetulnya Raynaldi, temanku sudah
mengajaknya pulang. Dia sudah putus asa dan tak berharap lagi. Aku tidak
menyerah sebelum pengumuman itu ditempel panitia.
“Udahlah Yan, sekarang pulang aja,” lawan
kita hebat-hebat.
“Nggak apa-apa sih Ray, kita kan belum
main, kita main dulu baru kita pulang,” kataku menenangkan Raynaldi.
Orang semakin ramai untuk melihat
hasilnya. Tapi panitia belum menunjukkan tanda-tanda akan dipasangnya
pengumuman. Aku bersabar untuk menunggu hasilnya.
C.
Pukul 14.15. udara panas menyengat kuping. Orang-orang
berseliweran sambil membawa wajah kekhawatiran. Udara semakin panas debu
membalut wajah para peserta.
“Ray, kita pulang aja yuk. Suasana semakin
nggak nyaman. Nanti kalau ada pengumuman kita sms aja dengan panitianya,” ajakku
kepada Raynaldi.
“Sabar lah Yan, kita tunggu dua menit lagi
mudah-mudahan pengumuman segera ditempel,” kata Raynaldi berusaha menyabarkan
aku.
D.
Dua menit sudah aku dan Raynaldi berdesak-desakan
dengan manusia yang begitu banyak. Entah dari mana asalnya orang-orang itu.
“Bagaimna kalau kita pulang dulu nanti
sore kita balik lagi,” usul Raynaldi. Aku tidak begitu mendengar apa yang
diusulkan temanku. Aku konsentrasi ke depan untuk melihat pengumuman.
“Udah lah Yan, kita lihat saja pengumuman besok
pagi. Mudah-mudah Tuhan mengabulkan permohonan kita.
58.
Perhatikan kutipan drama
berikut.
(1) Asdiarti : Kamu mau? (mengeluarkan sesuatu)
(2) Yanti : Apa ini?
(3) Asdiarti : Bawalah kalau kau mau. Kau akan
memperoleh ketenangan.
(4) Yanti : (Memandangnya lalu mengambilnya di atas meja)
(5) Asdiarti : Ambillah. Simpanlah di tasmu. Jangan
sampai kelihatan guru kita.
(6) Yanti : (Memandang penuh ketidakmengertian)
(7)
Asdiarti : Kalau kau tak
mau, biarlah kusimpan sendiri. Ini cukup
mahal… (menyimpan sesuatu itu lalu
menyimpannya sendiri kembali)
Perbaikan petunjuk laku dialog (4) kutipan naskah drama
tersebut adalah ...
A. Memasukkannya
ke dalam tasnya.
B. Menerima lalu
diletakkan di atas meja.
C. Memandang
sesuatu itu dan membiarkannya.
D. Mengambilnya
satu per satu sesuatu itu dimasukkannya.
59.
Perhatikan kutipan cerpen
berikut.
“Ya. Engkau makan
serabi untuk Bibi Maya,” kata ibu sambil memandanginya.
“Tidak mungkin.
Bagaimana Ibu …”
“Bagaimana ibu bisa
tahu, maksudmu? Tentu saja ibu tahu,
Budi. Setiap perbuatan yang tidak baik pasti akan diketahui orang. Engkau
makan! Yaa atau tidak?” tanya dengan lembut.
Budi tercengang
memandang ibunya. Ternganga mulutnya keheranan.
“Budi, yaa atau
tidak? Haruskah ibu tunjukkan buktinya?”
Budi tetap keras
kepala. Dia menggeleng keras-keras.
“Eh, engkau mau
lihat surat Bibi Maya?” Pucat dia.
“Ya atau tidak?”
kali ini ibu sungguh-sungguh marah. “Kau ambil, bukan?”
Budi mengangguk
takut-takut.
|
Naskah drama yang sesuai dengan
kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.
Budi :
(terdiam tidak berkata sepatah kata pun)
Ibu : Engkau makan! Yaa atau tidak? (suara lembut)
Budi : (terdiam
dan tercengang)Ya, Bu. (suaranya
pelan)
Ibu : Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu
tunjukkan buktinya?
Budi : Ya, Bu (suaranya
lebih keras)
Ibu : Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
Budi : Bu, aku pucat.
Ibu : Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
Budi : (mengangguk
takut-takut)
B. Ibu : Engkau makan serabi untuk Bibi Maya.
Budi : Tidak mungkin. Bagaimana Ibu …
Ibu : (memotong)
Bagaimana ibu bisa tahu, maksudmu? Tentu
saja ibu tahu, Budi. Setiap perbuatan yang tidak baik pasti akan diketahui
orang. Engkau makan! Yaa atau tidak? (suara
lembut)
Budi : (terdiam
dan tercengang)
Ibu : Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu
tunjukkan buktinya?
Budi : (menggelengkan kepala)
Ibu : Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
Budi : (wajahnya pucat)
Ibu : Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
Budi : (mengangguk
takut-takut)
C. Ibu : Engkau makan serabi untuk Bibi maya?
Budi : (terdiam tidak berkata sepatah kata pun)
Ibu : Engkau makan! Yaa atau tidak? (suara lembut)
Budi : (terdiam
dan tercengang)Ya, Bu. (suaranya
pelan)
Ibu : Budi, yaa atau tidak? Haruskah ibu
tunjukkan buktinya?
Budi : Ya, Bu (suaranya
lebih keras)
Ibu : Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
Budi : Bu, aku pucat.
Ibu : Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
Budi : (mengangguk
takut-takut)
D. Ibu : Engkau makan serabi dengan Bibi Maya.
Budi : Tidak mungkin. Bagaimana Ibu …
Ibu : (memotong)
Bagaimana ibu bisa tahu, maksudmu? Tentu
saja ibu tahu, Budi. Setiap perbuatan yang tidak baik pasti akan diketahui
orang. Engkau makan! Yaa atau tidak? (suara
lembut)
Budi : (terdiam
dan tercengang)
Ibu : Haruskah ibu tunjukkan buktinya kepada
Budi?
Budi : (menggelengkan
kepala)
Ibu : Eh, engkau mau lihat surat Bibi Maya?
Budi : (wajahnya
pucat)
Ibu : Ya atau tidak? (mulai marah) Kau ambil, bukan?
Budi : (mengangguk
takut-takut)
60.
Perhatikan kutipan naskah
berikut.
Satilawati : Tidak ada sebab yang lain?
Ishak : (kemalu-maluan) Tentu ada. Engkau
cantik.
Satilawati : [ … ](1)
Ishak : Itu yang akan kuceritakan
kepadamu sekarang. Aku dalam bahaya.
Satilawati : Bahaya apa?
Ishak : Aku mungkin dipandang pengkhianat
oleh rakyat.
Satilawati : Karena apa?
Ishak : [ … ](2)
Satilawati : Romanmu itu, maksudmu?
Ishak : Ya, “Hari ketiga Nippon di
Indonesia”
Satilawati : Mengapa? Sudah diterbitkan, bukan?
Ishak :
Ya, semua hartaku telah habis kujual untuk menerbitkan buku itu. Rugi semata.
Dialog-dialog yang tepat untuk
melengkapi naskah drama tersebut adalah ...
A. (1) Akan ke mana
engkau pergi
(2) Karena aku
mengarang
B. (1) Tetapi
mengapa?
(2) Karena
wajahku.
C. (1) Tapi
mengapa engkau pergi?
(2) Karena karanganku.
D. (1) Engkau akan ke mana?
(2) Aku mengarang.
KUNCI JAWABAN
1. A 21. A 41. A
2. A 22. D 42. C
3. C 23. C 43. C
4. D 24. C 44. B
5. C 25. A 45. B
6. C 26. A 46. D
7. B 27. A 47. B
8. A 28. C 48. C
9. A 29. D 49. C
10. B 30. C 50. C
11. C 31. B 51. C
12. A 32. A 52. D
13. C 33. C 53. C
14. A 34. D 54. D
15. B 35. C 55. B
16. C 36. D 56. B
17. A 37. A 57. A
18. A 38. B 58. B
19. D 39. B 59. B
20. B 40. C 60. C
